Sering
ngomonin SEO dan sudah lama belajar SEO, tapi masih belum tahu juga sejarah awal tentang SEO?? Ck…ck…ck… wah… kata bang Haji sih yang seperti ini
benar- benar “terlalu”. Tapi belum telat kan buat tahu sejarah SEO? Yuk…
langsung kita simak bersama!
Search Engine Optimization atau SEO
menurut Danny Sullivan, pertama kali muncul melalui pesan spam yang terposting
di Usenet pada tanggal 26 Juli 1997. Ketika itu algoritma mesin pencari masih
sederhana sehingga mudah dimanipulasi oleh webmaster. Awalnya algoritma search
engine bergantung sepenuhnya kepada ketersediaan informasi meta tag di kode html suatu situs
web. Meta tag menyediakan informasi mengenai isi dari suatu website melalui
serangkaian keyword. Beberapa webmaster memanipulasi meta tag dengan menuliskan
kata kunci yang tidak relevan dengan konten situs yang sebenarnya. Hal ini
menimbulkan kesalahan pemeringkatan dan penempatan situs tersebut pada mesin
pencari. Ketidakakuratan hasil pencarian ini tentunya menimbulkan kerugian bagi
mesin pencari serta para pengguna internet yang sedang mencari informasi yang
berkualitas dan relevan.
Masalah ini berusaha diatasi oleh dua mahasiswa doktoral ilmu komputer dari
Universitas Stanvord yaitu Larry Page dan Sergey Brin dengan membangun sebuah
mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematis untuk
memeringkat situs web. Mesin pencari tersebut diberi nama backrub yang pada tahun 1998 menjadi google. Algoritma perhitungan matematis ini
dinamakan google PageRank (PR) yang merupakan kombinasi perhitungan
antara jumlah link yang mengarah ke suatu website dengan analisis atas kualitas
dari masing-masing link tersebut.
Atas dasar prinsip kerja google PageRank ini maka suatu halaman website yang
berperingkat tinggi adalah website yang banyak di-link oleh halaman website
lain,atau sering dikatakan memperoleh banyak backlink dari website lain. Nilai googlePageRank
juga akan semakin tinggi jika backlink yang diperoleh berasal dari website
ber-PageRank tinggi.
Nah yang berikut ini perlu dicatat nih,
penting dan masih relevan hingga saat ini:
Nilai sebuah link dari situs yang berkualitas tinggi menurut mesin
pencari akan memberikan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kombinasi nilai
link dari seratus situs berkualitas rendah. Jadi
jika ingin menanam backlink juga harus memperhatikan kualitas dari situs
tersebut ya…
Keberhasilan google dengan Algoritma PageRank-nya dalam menyajikan hasil
pencarian yang relevan, cepat dan berkualitas membuat google memperoleh
reputasi dan kepercayaan dari pengguna internet. Selanjutnya PageRank menjadi
standar bagi mesin pencari lainnya serta para webmaster yang berupaya agar
websitenya mendapatkan nilai PageRank semaksimal mungkin agar menempati posisi
tertinggi pada hasil pencarian.
Wah.. cukup panjang
ya sobat sejarahnya. Dan seperti yang kita ketahui, ilmu SEO telah mengalami
perkembangan yang sangat pesat sehingga sebagai blogger kita harus tetap update
mengaplikasi tips SEO untuk meningkatkan kualitas blog kita. Sekian dan
terimakasih.
Dikutip dari: belajar-seo.blogspot.com